Solusi RTH Jakarta adalah taman vertikal atau vertical garden
Vertical garden 0811900858 INDONETA mampu membuat taman vertikal 25.000 Ha di DKI Jakarta. 
Dengan taman vertikal 25.000 Ha, sudah dipastikan Jakarta akan tampak hijau dan rindang. Untuk mewujudkan hal tersebut, cukup menggunakan budget RTH satu tahun pada APBD 2013.


TEMPO.CO, Jakarta - Minimnya ruang terbuka hijau (RTH) menjadi pekerjaan rumah buat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini. Kepala Dinas Pertamanan DKI yang baru, Widio Wiyono Budi, menargetkan penambahan RTH baru hingga 80 hektare tahun ini. "Itu ada di lima wilayah kota, kami sudah punya inventarisasinya," ujarnya, Rabu, 3 April 2013.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta telah menargetkan adanya penambahan ruang taman hijau sampai 30 persen hingga 20 tahun mendatang. "Yang publik ini baru 9 persen, kami sampai jangka waktu 20 tahun punya target untuk memenuhi 30 persen itu," kata dia.

Widio juga ditugasi Jokowi membenahi kesemrawutan lingkungan Ibu Kota, mulai spanduk yang berseliweran hingga menyusutnya area hijau Jakarta. Beberapa taman primer kota yang tengah difokuskan untuk dibenahi dalam waktu dekat, yakni taman di area sepanjang Jalan Sudirman, kemudian Sisingamangaraja, Kelapa Gading, Kembangan Slipi, dan taman sepanjang Grogol, Daan Mogot. "Gubernur Jokowi inginkan jalan-jalan itu betul dihijaukan," kata dia.

Dinas, kata dia, juga memperhatikan perbaikan fasilitas sepanjang jalan dari coretan atau vandalisme. "Nanti kami koordinasi dengan Jasa Marga, yang dicoret-coret itu maunya dipakai tanaman rambat, ada kesan visual," ujarnya.